Lezatnya Soto Sokaraja Purwokerto Dengan Kerupuk Berwarna Warni

Soto Sokaraja Purwokerto merupakan salah satu hidangan asli Indonesia yang mampu membuat penikmatnya kangen untuk melahab kembali.

Indonesia sebenarnya memiliki banyak aneka soto, masakan dengan bumbu rempah dipadukan dengan kaldu daging atau ayam ini memiliki aroma yang mampu membangkitkan selera makan dan rasanya pun Mak Nyus.

Mungkin bisa mencapai ratusan bahkan lebih jumlah aneka soto di Indonesia, kita ambil 2 contoh saja seperti:

a) Soto Betawi

Dari soto ini yang paling terkenal adalah soto Betawi Haji Mamat yang sudah memiliki banyak cabang.

b) Soto Ayam

Soto Kadipiro adalah salah satu soto enak di jogja yang sangat terkenal, bahkan usaha ini sudah dikelola secara turun temurun.

 

RESEP SOTO SOKARAJA DI PURWOKERTO

 

Soto Sokaraja Purwokerto

Lihat Foto dibawah ini, sangat menarik kan. Semangkuk Soto Sokaraja dengan potongan daging, di taburi bawang goreng dan kerupuk yang berwarna. Sanggup membangkitkan nafsu untuk menghabisinya 😀 😀 😛

Sebenarnya nama “sokaraja” disini adalah nama sebuah kecamatan di sebelah barat Purwokerto.

Ketika anda berlibur di Purwokerto sempatkanlah mampir di kecamatan Sokaraja untuk menikmati kelezatan soto sokaraja asli dari Purwokerto.

Ada 2 warung soto sangat terkenal yang menjadi tujuan utama masyarakat untuk menikmati kelezatan soto Sokaraja di purwokerto:

 

a) Soto Kecik Sokaraja

Kecik dalam bahasa Jawa adalah nama dari biji buah sawo.

Cerita asal mula bagaimana bisa dinamakan soto kecik sokaraja, karena dulu didepan warung soto ini ada sebuah pohon sawo. Kemudian orang-orang lebih mudah mengenal dan mengingat warung soto ini berada di bawah pohon sawo, jadi orang lebih akrab menyebut dengan nama “Soto Kecik”.

soto sokaraja purwokerto

 

b) Soto Sutri Sokaraja

Soto Sutri juga sangat banyak peminatnya, namun untuk mencari warung soto ini diperlukan sedikit jeli karena warungnya tidak berada dipinggir jalan.

Pecinta kuliner nusantara, ada 2 pilihan soto sokaraja di Purwokerto yang bisa anda nikmati. Pilihannya antara soto ayam, atau soto sapi. Kadang juga disediakan soto dengan jeroan sapi.

soto sokaraja purwokerto

Soto jeroan sapi ternyata memiliki penggemar yang tidak sedikit, di jogja sendiri penggemarnya cukup banyak dan mereka menyebut soto jeroan dengan nama soto babat.

Ciri khas dari soto sokaraja di purwokerto ini disajikan tidak dengan nasi dan sebagai gantinya adalah ketupat, ada taburan kacang goreng, kerupuk warna warni, dan dilengkapi cincangan daun bawang, sambalnya pun berbeda yaitu sambal kacang.

Sebagai pelengkap bisa juga di tambah dengan kerupuk kulit ayam atau lanting.

Jangan lupa juga tempe kemul (selimut) alias tempe ber-selimut tepung yang digoreng. Bilang aja tempe mendoan!!! hehehe… cocol dulu tempe mendoannya ke sambal kecap sambil nunggu soto sokaraja dihidangkan di atas meja.

 

Related Posts

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *