Tips Berwisata ke Negeri Diatas Awan Mangunan Jogja

Sebelum berwisata ke Negeri diatas awan mangunan Jogja, yang diperlukan adalah sedikit pengetahuan tentang Mangunan.

Persepsi sebagian besar orang bahwa Mangunan adalah suatu obyek wisata, padahal sebenarnya mangunan sendiri adalah nama sebuah Desa yang berada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul-Yogyakarta.

Nah, yang dimaksud dengan Mangunan oleh kebanyakan orang tersebut adalah Agrowisata Kebun Buah Mangunan.

Desa Mangunan memiliki beberapa tempat sebagai destinasi wisata, yang terkenal adalah Hutan Pinus Asri, dan wisata lainnya seperti Seribu Batu Songgo Langit, Watu Lawang, Goa Gajah dan Negeri diatas awan.

Mangunan juga memilliki wisata Negeri diatas awan bahkan ada tiga, namun dari ketiga Spot tersebut, hanya Panguk Kediwung-lah yang menghadap langsung kearah Sunrise.

Sebenarnya Negeri diatas awan Mangunan Jogja punya 3 Spot, diantaranya adalah Kebun Buah Mangunan, Panguk Kediwung dan Jurang Tembelan.

Kalau ditanya manakah yang paling bagus? ya semuanya mempunyai view bagus.

 

Maka untuk menghindari kebingungan mana yang harus dituju, perlu diperhatikan beberapa tips berikut:

1. Perjalanan ke Negeri diatas awan Mangunan

Lama perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju ke Mangunan dibutuhkan waktu sekitar 1 – 1,5 jam melalui Jl. Imogiri timur atau Jl. Imogiri Barat, selisih waktu dari keduanya tidak terpaut lama.

Yang di perlukan selama perjalanan adalah butuh kehati-hatian dalam berkendara, terutama setelah melewati Imogiri. Kondisi jalanan aspal yang bergelombang, jalan berkelok-kelok beberapa turunan tajam pas di tikungan dan ditambah kurangnya lampu penerangan jalan, membuat kita tetap selalu waspada.

2. Jam keberangkatan yang di sarankan

Kalau penginapan anda di sekitar Sosrowijyan, Jl. Dagen dan Malioboro, Berangkatlah jam 4 Pagi agar tidak tergesa-gesa dalam perjalanan dan sampai di lokasi sebelum Sunrise.

Kalau Penginepannya di daerah Prawirotaman, maksimal berangkat jam 4:30 WIB.

3. Ketahuilah Waktu Sunrise di Jogja

Waktu sunrise tidak selalu sama persis, karena tergantung pada bulan apa dan musim kemarau atau musim penghujan.

Tapi biasanya antara 5:35 WIB sampai 5:55 WIB, untuk lebih tepatnya lihat dulu perkiraan sunrise ketika akan berwisata ke Negeri diatas awan Mangunan Jogja.

4. Pahamilah Spot Negeri Diatas Awan Mangunan

Untuk mencapai lokasi Jurang Tembelan dan Panguk Kediwung harus melewati Agrowisata Kebun Buah Mangunan terlebih dulu, yang kebetulan berada di turunan jalan.

Perlambatlah kecepatan kendaraan anda dan tengoklah ke kanan kearah kebun buah mangunan, Jika terlihat kabut dan tebal dari jalan, langsung saja belokkan kendaraan anda masuk ke kebun buah mangunan atau ke Jurang Tembelan.

Sesuai keterangan sebelumnya Spot paling tertinggi adalah Kebun Buah Mangunan, Jika kabut yang menyerupai awan tebal terlihat dari jalan, maka Panguk Kediwung bisa dipastikan 75% – 90% gelap tertutup kabut dan sunrisenya kurang bagus.

Jika Kabut yang menyerupai awan di Kebun Buah Mangunan tidak terlihat, maka teruskan kendaraan menuju ke Panguk Kediwung.

5. Hindarilah Bulan Purnama

Jika dimalam Hari ada Bulan Purnama atau Bulan penuh, maka lebih baik jangan pergi ke wisata Negeri diatas awan Mangunan. Karena Pada saat Bulan Purnama biasanya angin bertiup kencang, dan kemungkinan besar kabut akan buyar tertiup oleh angin tersebut.

Demikianlah 5 Tips yang berdasarkan pengalaman dari seorang pemandu wisata yang bekerja di salah satu agen wisata di Yogyakarta. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat untuk anda yang akan melakukan wisata Negeri diatas awan Mangunan.

 

Narasumber : Reza (Agen Wisata di Jogja)

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *