Kusuma Agrowisata Mulai Dari Petik Apel, Waterpark Dan Sejarah

Kusuma Agrowisata yang terletak pada ketinggian kurang lebih 1000 MDPL, ternyata sudah ada sejak 1991. Sebuah objek wisata di Kota Batu – Malang ini merupakan tempat wisata yang menawarkan kegiatan berkebun dengan fasilitas komplit, bahkan sampai fasilitas Hotel.

Kalau dilihat dari posisinya yang berada di datarang tinggi, secara otomatis objek wisata ini bercuaca sejuk dengan udara yang menyegarkan dan bebas dari polusi.

Hamparan pemandangan indah sangat luas membentang dengan aneka buah segar dan warna warni. Secara pastinya tak akan pernah membuat Anda merasa bosan dan lelah ketika berkunjung Bersama keluarga.

Fasilitas yang ada di Kusuma Agrowisata pun sangatlah banyak, mulai dari petik buah, outbound, waterpark sampai hotel. Sangat asyik kan jika tempat ini dijadika tempat liburan bersama keluarga.

Sebelum dilanjut mengenai fasilitas dan permainan, tidak ada salahnya jika kita mengetahui Sejarahnya terlebih dahulu.

 

Sejarah Kusuma Agrowisata

kusuma agrowisataPada tahun 1989 Ir. Edy Antoro yang didukung oleh Bapak Jacob Djojosubagjo sebagai penyandang Dana Tunggal mendirikan sebuah PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya diatas lahan dengan luas 4 hektar. Namun peresmiannya dilakukan setelah 2 Tahun kemudian, yaitu pada tgl 29 Mei 1990. Wisata alam buatan yang berbasis pada fasilitas pertanian ini diberi nama Kusuma Agrowisata.

Karena Ir. Edy Antoro memiliki keterampilan dan pengalaman kerja sebagai pengawas di perkebunan kopi di PT. Perkebunan Nusantara XII di Bondowoso, maka memberanikan diri untuk memulai bisnis di bidang perkebunan apel. 

Sebelum perkebunan tersebut dijadikan sebuah Agrowisata, beliau menjual hasil panen buah apel ke pedagang di Surabaya. Satu yang dijadikan alasan adalah karena harga pasaran buah apel di pasar lokal Batu-Malang rendah, karena saat itu di Batu sedang panen raya apel.

Ternyata, secara mengejutkan harga penjualan apel di Surabaya lebih rendah daripada harga di Batu sendiri, sehingga Beliau mengalami kerugian.

Tidak habis akal, kemudian Ir. Edi Aryanto menjual apel dengan konsep sebuah Agrowisata, yaitu berwisata di perkebunan dan pembeli dapat langsung memetik dari pohon. 

Konsep yang sangat berbeda dengan Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan

Konsep Kusuma Agrowisata petik apel tersebut disambut dengan mesra oleh calon pembeli yang juga merupakan para wisatawan.

Lalu, pada Tahun 1990 Kusuma Agrowisata memperluas sayapnya dengan penanaman pohon apel diatas lahan seluas 10 hektar dan pohon jeruk seluas 2 Hektar.

 

Kusuma Agrowisata Petik Buah

Keberadaan Kusuma Agrowisata ini terletak di ketinggian sekitar 1000 MDPL, sehingga cuaca di sini sangatlah menyejukkan dan secara otomatis udaranya sangat segar.

Sembari merasakan sejuk dan segarnya udara, mintalah ditemani jasa pemandu untuk berkeliling di perkebunan. Karena Anda dapat menanyakan semuanya yang ingin Anda ketahui mengenai tata cara budidaya dan hal hal yang berkaitan dengan tanaman buah-buahan yang Ada di Kusuma Agrowisata Batu Malang.

kusuma agrowisata
foto: edubio com

Setelah asik berkeliling dan ditemani pemandu, kini saatnya merasakan asiknya memetik sendiri buah apel segar langsung dari pohonnya. Ini adalah cirikhas jika Anda berkunjung di Kusuma Agrowisata Batu – Malang.

Selain Kusuma Agrowisata petik apel, ternyata dapat pula petik aneka buah lainnya, seperti Strawberry, jeruk, jambu merah, dan buah naga.  

 

Fasilitas Kusuma Agrowisata 

Disamping perkebunan, Argowisata yang berlokasi di Batu-Malang ini ternyata merupakan tempat bagus buat liburan bersama teman, sahabat maupun keluarga, karena sudah memiliki fasilitas lengkap.

Fasilitas apa saja yang ada?

1. Outbound

Kusuma Agrowisata Outbound dipisahkan menjadi 3 bagian, diantaranya:

a) Dewasa

Untuk kelas dewasa kelompokkan menjadi 2, yaitu Ice Breaking dan Games

b) Kelas SMP/SMA

c) Kids

Kelas Kids pesertanya mulai dari Taman Kanak Kanak dan Sekolah Dasar. Pembagian kelas nya menjadi 4, diantaranya : Ice Breaking, Game, Highropes Game dan Alternative Game.

Jumlah peserta Outbound dari ke semuanya minimal 30 orang. 

2. Airsoft Gun

3. ATV Mini

4. Flying Fox

5. Kusuma Agrowisata Waterpark

kusuma agrowisata
foto: kusuma-waterpark id

Karena ini juga merupakan tempat liburan keluarga, maka disediakan juga Waterpark. Kusuma Agrowisata ini tergolong unik, karena berbagai wahana yang ada di dalamya dinamakan sesuai dengan nama buah buahan.

  1. Kolam Apel (Kiddy’s Pool)
  2. Kolam Buah Naga (Kolam Arus)
  3. Wahana Jambu (Racer Slide)
  4. Kolam Kopi (Kolam Air Panas)
  5. Wahana Jeruk (Racer Slide)
  6. Wahana Strawberry (Family Slide)

Untuk dapat menikmati waterpark, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000,- pada saat hari biasa, sedangkan saat weekend tiket masuk Kusuma Agrowisata Waterpark sebesar Rp. 30.000,-

 

6. Food & Café

Disediakan 3 tempat untuk pengunjung di Kusuma Agrowisata, diantaranya Kedai Apel, Kedai Strawberry dan Kedai Alamanda.

 

7. Hotel & Villa Kusuma Agrowisata Batu

Pada Tahun 1992, Villa atau cottage mulai dibangun sebanyak 16 kamar. Dan di Tahun 1993 ditambah lagi jumlahnya menjadi 66 kamar dengan fasilitas resto, swimming pool dan meeting room.

Kemudian Tahun 1995 dibangun lagi sebuah hotel tiga lantai, dengan pembangunan Hotel ini, maka jumlah total kamar jika digabung menjadi 152.

Sepertinya sudah banyak informasi yang terlampir diatas, mulai dari sejarah, fasilitas, hingga Waterpark. Jika menginginkan informasi lebih lanjut dapat menanyakan ke Contact nya Kusuma Agrowisata di Batu – Malang.

 

Sumber:

Sejarah 

Related Posts

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *