Kue Serabi Legendaris “Notosuman” + 6 Aneka Serabi

Kue serabi yang kadang dikenal juga dengan nama surabi ini merupakan jenis kue atau makanan tradisional asli khas dari Indonesia, kue basah ini juga termasuk dalam daftar jajanan pasar.

Kue serabi yang terbuat dari tepung beras dan santan memiliki rasa sangat lezat. Manis dan gurih, terasa lembut di lidah, sehingga membuat makanan tradisional satu ini mendapat tempat di hati pecinta kuliner Indonesia.

Ternyata kue yang ukurannya sebesar lepek gelas tersebut memiliki banyak jenisnya dan varian rasa. Meskipun tergilas oleh roda zaman, namun kue serabi tetap eksisten. Sebagai bukti adalah salah satu jenis serabi yang berasal dari Surakarta-Solo, yaitu “Serabi Notosuman”. Jika di Jogja punya Bakpia Pathuk, maka Solo punya Serabi. Karena Serabi Notosuman juga dijadikan oleh oleh makanan tradisional khas dari Solo.

Cara pembuatan kue serabi sangatlah unik, Loyang yang digunakan terbuat dari tanah liat. Namun karena perkembangan zaman ada sebagian yang sudah menggunakan peralatan modern.

Akan tetapi ada juga yang tetap menggunakan cara dan alat tradisional, kemungkinan ini dilakukan agar citarasa khas dari makanan tradsional ini tidak berubah.

 

Aneka Kue Serabi

1. Kue Serabi Solo “Notosuman”

kue serabi
foto: jawaban com

Untuk Anda yang suka travelling, jika sedang bepergian ke Solo jangan lupa mencicipi Serabi Notosuman. Kue serabi yang sangat legendaris, karena sejak Tahun 1920an sudah memikat pecinta kuliner.

Rasa yang legit, manis, gurih dan sangat lembut dilidah tetap bertahan hingga sekarang. Tidak heran jika serabi notosuman hingga sekarang masih berada di puncak dan makanan tradisional paling dicari untuk oleh oleh khas dari solo.

Sebuah usah yang sudah dilakoni secara turun temurun ini memiliki 2 varian rasa, yaitu rasa coklat dan polos. Cirikhas nya adalah tipis dan digulung dengan menggunakan daun pisang, ketika dibuka tercium aroma wangi sehingga menimbulkan nafsu untuk menghabisinya di dalam mulut.

 

2. Kue Serabi Bandung “Serabi Kinca”

kue serabi

Kinca sebenarnya adalah nama lain dari kuah gula, gunanya untuk pelengkap menikmati kue serabi. Karena disiram dengan kinca, maka tentu saja rasanya sangat manis. Maka orang Bandung menyebut jajanan pasar ini dengan istilah kue serabi kinca.

Di Kota Bandung sendiri, makanan tradisional ini sudah mulai disuguhkan di beberapa kafe. Bahkan foto-foto nya yang diunggah di internet sangat instagramable.

 

3. Kue Ape

Sangat berbeda dengan kue serabi lainnya, karena jenis kue serabi khas dari Jakarta ini terbuat dari adonan tepung terigu dan susu. Sehingga teksturnya sedikit padat.

kue serabi

Jika dibandingkan dengan pancake memang serupa tapi tak sama. Karena pancake juga terbuat dari tepung terigu dan susu dan telor.

Kadang kue ape dikasih topping keju atau meses, bahkan memiliki variasi dengan warna, sehingga terlihat cukup menarik dan menggugah selera.

 

4. Serabi Kocor

Kue serabi yang satu ini dinamakan dengan serabi kocor, yab… 2 kue di kocor dengan kuah santan dan gula jawa. Sehingga rasa yang dihasilkan manis gurih dan segar.

kue serabi
foto: anishidayah com

Bu Ngadinem adalah penjual serabi kocor yang berlokasi di Jl. Bantul Km.6, Nyemengan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul – Yogyakarta.

Sudah 17 Tahun Bu Ngadinem berjualan kue serabi, dan hingga saat ini di Tahun 2018 cara pembuatannya masih menggunakan cara tradisional. Yaitu pengapiannya menggunakan kayu bakar, dan Loyang yang digunakan terbuat dari tanah liat.

kue serabi
foto @violajogja

Menurut beliau dengang cara tradisional seperti ini akan tetap mempertahankan rasa khas asli dari kue serabi, dan lebih enak jika dibandingkan dengan menggunakan dari wajan yang terbuat dari logam.

Menurut hemat saya, kayu bakar yang digunakan untuk membuat serabi akan mempengaruhi aroma serabi tradisional khas dari Jogja ini.

Kue serabi milik bu Ngadinem ini sangatlah murah, hanya dibandrol dengan harga Rp.1.500,- saja per porsinya.

 

5. Serabi Cirebon

Lain daripada yang lain, kue serabi dari Cirebon berasa gurih. Memang bentuknya sebelas duabelas dengan serabi Badung. Yang lebih unik lagi serabi dari Cirebon ini dikasih topping yang tiadak biasa, yaitu oncom, tauco, bahkan orek tempe.

kue serabi
foto: kelana rasa @arieparikesit

Cara menikmatinya pun pada pagi hari untuk sarapan bareng dengan tempe goreng, tahu atau bakwan. Hmmmm…. Mungkin akan semakin nikmat kalau pakai kopi.

 

6. Laklak

Kue Serabi yang dikasih nama Laklak ini berasal dari Pulau Bali. warnanya hijau dikarenakan menggunakan daun suji dan dan pandan pada adonannya. Sehingga aroma yang keluar dari laklak sangat harum. Kalau kue ape dikasih taburan keju dan meses, tapi laklak ditaburi kelapa parut dan gula jawa yang dicairkan.  

kue serabi
foto: sportourism id

7. Kalibeluk

Katanya sih, serabi dari Batang ini sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram. Tampilannya jaug berbeda dengan serabi pada umumnya, karena memiliki ukuran yang lebih besar dan dan tebal, secara kasat mata terlihat bantat atau keras. Akan tetapi, teksturnya lebih lengket dengan rasa sangat legit dan berserat. Serabi kalibeluk memiliki 2 varian rasa yaitu gurih dan manis.

kue serabi
foto: portalbatang id

Sebenarnya masih banyak serabi lainnya, namun dalam kesempatan ini baru sempat mengulas mengenai serabi legendaris dari solo yaitu serabi Notosuman ditambah 6 aneka serabi lainnya jadi totalnya ada 7 macam kue serabi. 

Related Posts

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *