Wisata Goa Pindul Tidak Lepas Dari Jasa Kang Haris

Goa Pindul sebelum menjadi salah satu objek wisata di Gunung Kidul yang populer hanyalah sebuah goa sarang kelelawar. Dan semenjak diresmikan sebagai cave tubing, namanya langsung melejit menjadi tujuan favorit para wisatwan domestik.

Namun, di tahun 2017 pernah sekali terjadi konflik perihal hak kepemilikan tanah.

Lahan yang mencakup Goa Pindul telah dibeli oleh 2 warga dan di dalam goa tersebut dijadikan budidaya burung walet.

Dilansir dari Tribun Jogja pada tanggal 7 Desember 2017. Bahwa kegiatan wisata cave tubing tidak melalui proses izin diatas tanah yang cakupannya meliputi goa pindul.

Dengan adanya aktifitas wisata semenjak 2010, mengakibatkan warga tidak pernah lagi merasakan panen sarang burung walet.

Tapi, akhirnya polisi menghentikan penyidikan, dan dianggap konflik ini selesai.

Berita selengkapnya di tribun

 

Sejarah Goa Pindul Menjadi Objek Wisata

Sejarahnya goa pindul bisa menjadi objek wisata yang sangat terkenal dan menjadi salah satu andalan di Gunung Kidul, tidak bisa terelakkan atas jasa seseorang yang bernama Haris Purnawan.

Dimulai di Tahun 2010, berdasar informasi dari Republika co id => waktu itu Haris yang masih berusia 24 tahun, melihat potensi alam di Desa Bejiharjo, yakni Goa Pindul merupakan peluang besar untuk dijadikan sebuah objek wisata unggulan di Gunung Kidul.

Akhirnya pemuda ini memutuskan banting setir, yang tadinya bekerja sebagai buruh pabrik di Jakarta, memilih mudik dan memajukan potensi wisata di Kampung Halamannya.

Haris beserta pemuda desa bergabung di Karang Taruna untuk merencanakan pemanfaatan Goa Pindul sebagai salah satu objek wisata.

Dengan peralatan sederhana hasil pinjaman dari para tetangga yang bekerja sebagai pemecah batu, dan dilengkapi peralatan pinjam dari Dinas Sosial Kabupaten Gunung Kidul, Haris bersama pemuda tersebut nekat masuk menyisir Goa Pindul untuk melakukan observasi.

Observasi dan persiapan, sekaligus melatih warga yang nantinya dijadikan pemandu diperlukan waktu sekitar 6 Bulan, sebelum akhirnya dipromosikan.

Para calon pemandu dibekali dengan pengetahuan dan salah satunya adalah sejarah Goa Pindul.

 

Paket Wisata Goa Pindul

Sebenarnya basic paket wisata Goa Pindul hanya ada 2, yaitu:

1. Cave Tubing

Kegiatannya menyisir Goa sepanjang 350 meter dengan menggunakan perlengkapan ban karet, helm, sepatu karet, life jacket.

Selama kegiatan akan ditemani oleh seorang pemandu dan durasinya kurang lebih selama 45 menit.

Didalam goa, pemandu akan menceritakan mengenai sejarah Goa Pindul, semua hal yang terkait, dan kedalaman air yang berbeda-beda.

Selain itu, Anda juga akan menemukan banyak sekali batuan stalagtit dan stalagnit dengan berbagai macam bentuk.

Ada yang mirip dengan canndi prambanan, ada sebuah batu jika dipukul dengan tangan mengeluarkan binyi “Gong”

Terdapat pula batu Stalagtit dan Stalagnit yang sudah menyatu. Besaran batu ini menjadi yang pertama di Asia dan ke-4 di Dunia.

goa pindul

Di penghujung mulut gua ada lobang dari atas, yang memungkinkan sinar matahari masuk. Pemandangan disini sangat indah, dan sinar tersebut dinamakan cahaya dari surga.

Harga Tiket Rp. 40.000 /orang sudah termasuk perlengkapan dan pemandu.

 

2. Body Rafting Sungai Oyo

Kegiatan body rafting sungai oyo ini termasuk Advanture dan mengasikkan, Anda akan menyusuri aliran Sungai Oyo sepanjang 1 Km. Dengan durasi kurang lebih sekitar 1,5 Jam.

Ditengah perjalanan anda akan menemukan air terjun, nah biasanya mereka lompat dari atas air terjun tersebut.

Menurut bule dari Belanda yang pernah saya pandu, pada awalnya merasa tajut saat akan melompat ke bawah. Namun setelah melakukan ke 2 dan ke 3 kalinya malah ketagihan.

Baca: 3 Air Terjun Terindah di Bukit Menoreh Kulon Progo

Harga tiket rafting sungai oyo Rp. 50.000 /org sudah termasuk perlengkapan dan pemandu.

Seiring berjalannya waktu, sebagian agen goa pindul menambah fasilitas baru. Hal tersebut telah dilakukan oleh 2 agen antara wirawisata dan Kang Haris.

Fasilitas tersebut adalah outbound, kemudian ada penginapan, dan sisir goa, bahkan ada yang menambah offroad dengan jeep.

 

Lokasi Goa Pindul

Lokasi Goa Pindul terletak di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Seropan Gunung Kidul Yogyakarta.

Rute nya sangat mudah, pertama tama melalui Jl. Wonosari setelah sampai Bundaran ada petunjuk arah, lalu ikuti terus petunjuknya.

Setelah sampai di TPR, banyak sekali calo dan agen wisata yang menawarkan, namun saya sarankan ambil saja Agen Wirawisata atau Kang Haris.

Wirawisata adalah dimana Haris Purnama dan tim mendirikan paket wisata goa pindul.

Akan tetapi, kini Haris memisahkan diri yang tidak diketahui apa sebabnya, dan mendirikan agen dengan nama “Kang Haris”

Kedua agen ini menurut saya adalah yang terbaik.

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *