3 Air Terjun Jogja Terindah Tersimpan di Bukit Menoreh

Ada 3 Air terjun Jogja yang tersimpan di tengah-tengah kampung di wilayah Kabupaten Kulonprogo yang masih sangat terjaga keasriannya.

Sebenarnya Potensi wisata Kabupaten Kulon Progo sangatlah besar yang terutama pada wisata alamnya.

Mulai dari persawahan di wilayah nanggulan, Jl. Raya Kaligesing hingga Jl. Dekso-Samigaluh, Kebun Teh, Goa, View Point, serta keindahan alam yang membentang di bukit menoreh, hingga air terjun alami di tengah-tengah kampung.

air terjun jogja

Taman sungai mudal, kembang soka dan kedung pedut merupakan air terjun jogja yang berada di Kabupaten Kulon Progo. 

Namun untuk masyarakat diluar jogja belum banyak yeng mengetahui air terjun terkenal di Kulon Progo ini.

Kalau dilihat dari posisinya taman sungai mudal berada paling atas terus mengalir ke kembang soka, baru paling bawah ke kedung pedut.

Aliran air dari ketiga air terjun tersebut berasal dari satu mata air yang sama yaitu dari Taman Sungai Mudal.

Sedangkan karakteristik taman sungai mudal dan kedung pedut memiliki bentuk yang sama yaitu bertingkat atau dan memiliki beberapa kedung seperti anak tangga.

Kedung adalah suatu tempat di aliran sungai yang memiliki kedalaman tertentu, kalau pada air terjun biasanya tepat dibawah jatuhnya air.

Yah… meskipun ketiga air terjun tresebut kecil dan bukanlah air terjun sangat besar seperti air terjun Niagara, tapi keindahannya masih sangat alami. Clarity airnya dapat dipertanggung jawabkan dan bebas dari limbah, bahkan airnya berwarna biru kehijauan karena berasal dari sumber mata air pegunungan menoreh.

Berikut inilah air terjun jogja yang dapat dijadikan referensi ketika anda wisata di yogyakarta.

 

I. Air Terjun Jogja Terindah pertama adalah :

Taman Sungai Mudal

air terjun jogja
image: oknusantara.com

 

Air terjun dimana asal sumber mata air yang mengaliri 2 air tejun di bawahnya kembang soka dan kedung pedut.

Awalnya Taman Sungai Mudal dinamakan oleh penduduk setempat dengan nama Grojogan Mudal. Kemudian setelah dikelola menjadi obyek wisata di Kulon Progo namanya menjadi Taman Sungai Mudal.

Di lingkungan air terjun di buat taman, dengan berbagai tanaman bunga untuk menghiasi air tejun ini agar lebih cantik dan menarik.

Air terjun Taman Sungai Mudal juga menyediakan area camping ground, biasanya saat liburan banyak pelajar yang menginap disini dengan menyewa tenda.

air terjun jogja

Akhir-akhir ini Taman Sungai Mudal sudah mulai dikunjungi oleh beberapa wisatawan asing dari Eropa, tapi untuk wisatwan dari Asia sepertinya belum mengenal tempat ini.

Kemungkinan market dari agen wisata di Jogja belum gencar mempromosikan Taman Sungai Mudal kepada wisatawan dari Asia ketika liburan di Jogja.

air terjun jogja

 

 

II. Air Terjun Jogja Terindah Kedua adalah :

Air Terjun Kembang Soka

Air terjun yang posisi nya berada di tengah-tengah antara Kedung Pedut dan Taman sungai Mudal. Air terjun kembang soka memiliki kedung  lebih besar dibanding dengan kedua air tejun tersebut.

Biasanya pengunjung sangat suka mandi dan bermain air di sini, lagi pula ada fasilitas sewa ban karet untuk yang tidak bisa berenang, karena kedung disini lumayan dalam.

 

III. Air Terjun Jogja Terindah Ketiga adalah :

Air Terjun Kedung Pedut

Untuk sementara ini air terjun kedung pedut adalah yang paling populer diantara ketiganya.

Untuk mencapai air terjun ini diperlukan berjalan kaki menyusuri jalan setapak ditengah-tengah kampung yang masyarakatnya sangat ramah.

Lumayan juga jaraknya dari tempat parkir kendaraan, melewati beberapa tanjakan dan turunan. Tapi udara di sekitar sini sangat sejuk dan bebas polusi.

Setelah sampai di lokasi, terbayar sudah rasah capek dan lelah karena berjalan kaki.

air terjun jogja
image: rekreasi jogja

 

Lihat image di atas !!!

Sangat indah kan, meskipun bukan air terjun terindah di dunia namun cukup mempesona.

Airnya bening dan dingin menyegarkan, udaranya bersih dan sejuk, dapat mengobati rasa lelah setelah menyusuri jalan setapak.

 

Related Posts

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *